Apa itu domain dan hosting

Apa itu domain dan hosting? Bagi para pengusaha, khususnya yang menjalankan usaha kecil dan UKM, Go Online adalah hal yang sangat perlu dilakukan di zaman berinternet ini. Cara terbaik untuk Go Online tersebut adalah dengan memiliki website. Berbicara tentang website tidak akan bisa terlepas dari istilah domain dan hosting. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pertanyaan apa itu domain dan hosting masih menjadi hal yang sering ditanyakan oleh para pengusaha yang awam dengan dunia website. Di tulisan ini, saya memberikan penjelasan singkat tentang apa itu domain dan hosting dalam bahasa yang mudah dipahami.

Apa Itu Domain?

domain-dan-hosting_kang-tiarNama domain adalah nama unik yang dimiliki oleh sebuah website. Dikatakan unik karena sebuah nama domain hanya merujuk ke satu website saja. Kata atau alamat web yang anda ketikan pada browser (Firefox, Internet Explorer, atau Safari) itulah yang disebut dengan domain. Misalnya: serviceku.com, xxxxx.com, itbu.ac.id, dan lain sebagainya. Sebenarnya kita tidak memiliki hak milik atasnya, karena kepemilikannya dibatasi oleh waktu (tahunan). Oleh sebab itu penyebutan menyewa domain lebih cocok dibandingkan dengan penyebutan membeli domain. Jika sebuah sudah habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang oleh pemiliknya, maka siapapun berhak menyewa nama domain tersebut. Untuk melakukannya dibutuhkan sebuah register, yaitu unit usaha yang melayani jasa sewa domain.

Jenis-jenis Domain

Sebelum anda memilih sebuah nama domain, sangat disarankan untuk mengetahui jenis-jenis yang ada. Secara garis besar domain dibagi menjadi 2 buah kelompok, yaitu:

Generic Top Level Domain (gTLD)

Adalah domain level tertinggi (internasional) di internet. gTLD ini dikelola oleh sebuah badan yang disebut Internic (International Network Information Center). Untuk wilayah Asia Pasific, termasuk Indonesia di dalamnya, Internic memiliki perwakilan yang bernama APNIC (Asia Pasific Network Information Center). APNIC ini lah yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan penyedia layanan hosting dan jasa penyewaan domain atau register.

Beberapa yang termasuk ke dalam Generic Top Level Domain (gTLD) antara lain adalah:

  • .com – Untuk penggunaan komersil.
  • .org – Untuk penggunaan yang bersifat nirlaba.
  • .net – Untuk penggunaan individu.
  • .gov – Untuk lembaga pemerintah.
  • .info – Untuk pengguna siapa saja.
  • .edu – Untuk pendidikan.

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Adalah top level domain yang mengidentifikasi sebum negara, dimana bagian paling akhir dari sebuah nama domain tersebut ditambahkan 2 huruf kode negara. Misalnya saja berliyanto.web.id, kode id  tersebut menunjukkan kode wilayah negara Indonesia. Beberapa kode negara lainnya antara lain adalah: sg untuk Singapura, my untuk Malaysia, dan jp untuk Jepang. Di negara kita, lembaga yang mengelola domain dengan kode id ini adalah PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia).

Berikut ini adalah nama-nama domain dengan kode wilayah indonesia:

  • .co.id – Bidang usaha komersil yang ada di Indonesia
  • .or.id – Keperluan nirlaba yang berada di Indonesia
  • .net.id – Digunakan oleh Internet Service Provider
  • .ac.id – Bidang pendidikan setingkat perguruan tinggi di Indonesia.
  • .sch.id – Digunakan oleh sekolah di Indonesia.
  • .go.id – Lembaga pemerintah di Indonesia.
  • .web.id – Pribadi atau institusi selain yang telah disebutkan di atas.

Untuk memperoleh domain dengan kode wilayah id tersebut, kita perlu memenuhi syarat-syarat yang diajukan oleh PANDI. Dan penjelasan apa itu domain selesai di sini, selanjutnya kita akan membahas apa itu hosting.

Apa Itu Hosting?

Setelah memahami apa itu domain, barulah saatnya anda juga memahami apa itu hosting. Jika diilustrasikan sebagai sebuah rumah, website diibaratkan sebagai bangunan rumah, domain adalah alamat rumahnya sedangkan hosting adalah sebidang tanah tempat rumah itu dibangun. Yap, hosting adalah tempat anda menempatkan file-file yang menyusun website anda, termasuk file database. Memiliki hosting dan domain adalah keharusan jika ingin membuat website. Jika kita baru menyewa domain saja, diibaratkan kita hanya punya alamat yang tidak menunjuk ke lokasi apapun. Sedangkan memiliki hosting tanpa domain, diibaratkan kita memiliki sebidang tanah namun tak beralamat sehingga tidak bisa ditemukan orang. Kepemilikan yang sepaket itulah yang membuat banyak penyedia layanan hosting yang sekaligus berperan sebagai register nama domain. Layaknya sebidang tanah untuk rumah, hosting juga memiliki ukuran yang biasa disebut dengan space. Besarnya space hosting menentukan besarnya file yang bisa ditempatkan di dalamnya. Sama halnya dengan luas tanah yang menentukan besarnya rumah.

Setelah memahami definisinya, saatnya beraksi! Segeralah miliki nama domain untuk bisnis anda sebelum diambil orang. Ingat bahwa siapapun bisa saja memilikinya selama masih tersedia Dan itulah penjabaran ringan tentang apa itu domain dan hosting. Semoga dengan ini anda sudah tidak dibuat pusing lagi dengan pertanyaan apa itu domain dan apa itu hosting.

Leave a Comment