Beda Hosting IIX dengan Hosting IX

beda hosting IIX dan IXHosting server USA (IX), cocok untuk target web site dari luar negeri.

(+) Cepat diakses dari mana saja karena USA adalah simpul dari internet dunia
(+) Pengiriman maupun penerimaan e-mail sangat lancar karena routing ke mail server-mail server besar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain-lain cukup pendek
(+) Mudah diakses oleh website-website crawler seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain-lain
(-) Kecepatan aksesnya dari dalam negeri (Indonesia) kalah jika dibandingkan dengan server yang berlokasi di Indonesia

Hosting server Indonesia (IIX), cocok untuk target web site dari Indonesia.

(+) Lebih cepat diakses dari dalam negeri (Indonesia) karena routingnya pendek
(+) Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan
(-) Bandwidth internasionalnya relatif lebih kecil sehingga pengiriman e-mail dengan attachment-attachment besar ke arah mail server di luar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain-lain sering ter-delay
(-) Relatif lebih lambat jika diakses dari luar negeri

Jika target pengunjung website atau blog itu dari Indonesia SAJA maka lebih baik menggunakan server hosting yang berada di data center di Indonesia yang terhubung dengan jaringan interkoneksi Indonesia Internet Exchange atau IIX.

Tetapi jika target pengunjung website atau blog itu dari seluruh dunia, maka lebih bagus menggunakan server hosting yang terletak di Amerika. Misalnya jika ingin membuat blog yang akan dimonetisasi (untuk mencari uang)  seperti misalnya akan digunakan untuk mengikuti program paid review dan sebagainya.
Bagaimana dengan kecepatan aksesnya?

Lokasi server memang berpengaruh terhadap kecepatan akses sebuah halaman website, namun itu bukan faktor tunggal. Faktor internal server juga berpengaruh, seperti spesifikasi server, memory server, jumlah website yang dihost dalam server yang sama. Faktor eksternal server seperti ISP yang digunakan juga berpengaruh.

Secara teori server Indonesia lebih cepat jika diakses dari Indonesia, karena rute dari komputer kita sampai ke server jauh lebih pendek dibandingkan kalau kita mengakses server di Amerika, panjang rutenya lebih panjang.

Server IIX akan lebih lambat diakses dari Amerika (luar negeri) karena upstream yang cenderung kecil dibanding Amerika, yang menyebabkan trafik sering padat.

Kendala yang lain adalah koneksi internet (ISP) yang kita gunakan, jika koneksi ke luar Indonesia (upstream) dari ISP kecil, trafik penuh, juga bisa mengakibatkan akses ke server Amerika menjadi lambat. Sebenarnya server Amerika tidaklah lambat di akses dari Indonesia, karena infrastruktur mereka jauh lebih maju dan merupakan pusat internet dunia, namun sering terkendala karena upstream yang kecil dari ISP di Indonesia.

Leave a Comment