Keuntungan Cloud Hosting dibandingkan Shared Hosting

Saat ini banyak orang tertarik pada cloud hosting. Dulu website di host pada dedicated server standar. Satu dedicated server meng-host banyak website. Kadang account shared hosting, server untuk email, dan database disimpan pada dedicated server yang sama. Kelemahan dari hal ini adalah jika dedicated server tersebut down atau error, website Anda akan ikut down.

cloud hosting

Beberapa keuntungan Cloud hosting:
Cloud server sangat scalable, artinya Anda dapat memilih untuk membayar sesuai apa saja resource yang Anda gunakan. Ini seperti tarif ponsel, anda membayar sesuai pemakaian Anda. Jika Anda hanya menggunakan sedikit resource, Anda hanya membayar untuk resource tersebut. Jika Anda tiba-tiba mendapat traffic yg tinggi, Cloud memungkinkan Anda untuk memperluas langsung resource Anda. Cloud Hosting secara otomatis memberikan resource apa yang Anda butuhkan. Website Anda tidak akan offline karena adanya lonjakan tak terduga dalam traffic. Anda hanya akan ditagih untuk tambahan yang digunakan. Dalam hal ini, Cloud Hosting lebih hemat biaya. Ingat Anda masih dalam lingkungan virtual hosting sendiri-bukan sharing. Tidak perlu membayar untuk dedicated server yang mahal lagi.

Cloud hosting lebih handal. Apakah Cloud Hosting lebih dapat diandalkan telah menjadi subyek perdebatan sengit. Namun menurut saya, jika dilihat dari kasus standar shared hosting di mana jika salah satu dedicated server down, website Anda langsung ikut offline. Tetapi berbeda pada Cloud hosting, Cloud hosting terdiri dari banyak node atau dedicated server. Dengan demikian, website anda tidak akan terganggu walaupun satu atau dua node offline pada waktu bersamaan.

Deploying Cloud hosting sangat cepat dan mudah. Jika menggunakan dedicated server hosting, hal pertama yang harus dilakukan adalah deploying hardware. Kemudian harus men-setup software dan service. Cloud hosting memangkas masalah ini. Anda hanya perlu menaruh slot di server ketika Anda membutuhkannya.

Leave a Comment