Mengenal Hosting dan Domain

Mengenal Hosting dan Domain

Kita sebagai pengguna internet tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Hosting dan Domain. Namun bagi kalangan yang awam dengan dunia internet hal itu mungkin terdengar asing dan menimbulkan pertanyaan. 


apa-itu-domain-dan-hosting
PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING INDONESIA
I. Apa itu Hosting dan Domain
a. Hosting / WebhostingBagi para pengguna internet, khususnya para webmaster tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya hosting atau web hosting dalam dunia internet. Seperti yang sudah kita pahami bahwa hosting atau web hosting secara umum diartikan sebagai sarana kita untuk menyimpan file-file situs/website kita untuk kemudian di-online-kan ke internet sehingga dapat diakses oleh pengguna internet.
Secara lebih spesifik, web hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web/situs Internet. (Ref: Wikipedia).
Dalam pengaksesan alamat file-file situs tersebut digunakan alamat berupa IP komputer server (komputer yang menyimpan file-file situs kita) yang selanjutnya IP komputer server tersebut diarahkan pada alamat situs atau lebih dikenal dengan nama domain.
b. Pengertian Domain
Seperti sudah disinggung diatas, komputer-komputer yang terhubung ke internet yang menyimpan file-file situs kita (sebagai tempat hosting), pada awalnya tidak memiliki alamat domain seperti yang kita lihat. Komputer-komputer tersebut hanya memiliki alamat berupa nomor IP, seperti 125.163.167.224  dan sebagainya.

Untuk mengatasi kerumitan pengetikan alamat situs dengan IP yang panjang tersebut, maka dalam dunia internet dikembangkan alamat/domain yang berupa kata atau kalimat yang mudah diingat sesuai keinginan pemilik domain. Misal: IP 125.163.167.224  diarahkan ke www.serviceku.com

Domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, nama domain umumnya diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat file-file dalam situs web saya yang tersimpan dalam komputer server, maka mereka cukup menulis www.serviceku.com pada browser internet dan otomatis website saya akan muncul.

Sekedar info, alamat domain itu tidak dimiliki secara langsung oleh seseorang, bagi anda yang menginginkan nama domain maka anda harus membeli/menyewa nama domain, biasanya dengan biaya kontrak pertahun. Setelah anda membayar biaya sewanya maka domain alamat tersebut akan diarahkan ke IP/komputer server yang menyimpan file-file website anda.

c. Subdomain
Selain domain akhir-akhir ini familier juga istilah Subdomain. Subdomain sebenarnya alamat domain yang masih menjadi bagian dari domain anda, tetapi subdomain dapat anda arahkan ke file-file situs website anda yang lain yang berbeda dari domain utama anda. Contoh subdomain misalnya http://blog.serviceku.com yang berarti subdomain blog pada domain serviceku.com.
Anda dapat memasang subdomain melalui tempat anda membeli domain ataupun melalui layanan lain yang menyediakan akses DNS untuk membuat subdomain terpisah dari tempat domain anda berasal.
II. Beberapa Tipe Hosting
Dalam dunia hosting internet, terdapat beberapa macam tipe hosting, diantaranya:
 
– Free Hosting
Hosting jenis ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri.
Freehosting juga kita kenal dalam Blog, dimana saat anda membuat blog gratisan maka secara otomatis anda mendapatkan hosting gratis untuk blog anda, selain itu anda juga mendapat nama domain khusus yang biasanya dengan embel-embel penyedia layanan blog-nya, misal http://namadomainanda.blogspot.com untuk layanan blog dari Blogger.
– Virtual (shared) Hosting.
Tipe ini mungkin termasuk tipe Hosting Murah, karena dalam satu server terdapat banyak hosting (yang salah satunya milik anda). Karena terdapat banyak hosting dan domain dalam satu server maka  akan lebih hemat perangkat server dan otomatis biayanya menjadi lebih murah.
Hosting yang satu ini terkenal banyak digunakan karena biayanya murah dan efisien baik bagi pemilik situs website maupun bagi penyedia layanan hostingnya.
– Collocated Hosting
Collated hosting ibarat anda seperti memiliki server sendiri. Hanya server hosting anda tersebut terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya. Anda memiliki hak akses penuh untuk menambah/mengurangi, ataupun merubah situs web anda.
– Dedicated Hosting
Hosting jenis ini merupakan hosting prifat/pribadi, karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda.
Hosting jenis ini biasanya dimiliki oleh perusahaan besar yang mampu secara biaya maupun tenaga pengelolanya.
Untuk memperjelas gambaran tentang Hosting dan Domain, silahkan anda simak video berikut ini:
Mungkin itu yang dapat saya sampaikan sebagai gambaran singkat tentang Apa itu Hosting dan Domain serta Mengenal Hosting dan Domain. Sedangkan hal-hal teknis tentang Hosting dan Domain dapat anda pelajari melalui situs-situs penyedia layanan Hosting dan Domain yang cukup banyak di Indonesia.
Selain penjelasan teknis, situs-situs penyedia layanan Hosting dan Domain biasanya juga bersedia membantu anda yang ingin memiliki Hosting atau Domain dengan bantuan-bantuan dan kemudahan-kemudahan lainnya.

Semoga tulisan singkat Mengenal Hosting dan Domain saya ini dapat membantu anda yang sedang belajar Mengenal Hosting dan Domain  serta menjadi masukan bagi anda yang ingin memiliki website dengan hosting dan domain pribadi.

One Comment

  1. 24/7 support says:

    Excellent site you have got here.. It’s difficult to find high quality writing like yours these
    days. I really appreciate people like you!
    Take care!!

Leave a Comment