VPS [Virtual Private Server]

Virtual Private Server dapat berperan sebagai jembatan antara Shared Hosting Webb Layanan dan berdedikasi Layanan Hosting. Sebagai VPS menjalankan salinan sendiri system operasi, pelanggan memiliki akses superuser tingkat dengan contoh system operasi, dan dapat menginstal hamper smua perangkat lunak yang berjalan si OS. Perangkat lunak tertentu tidak berjalan dengan baik dalam lingkungan virtual, termasuk firewall, anti-virus klien, dan memang virtualizers sendiri, tetapi mereka umumnya lemah dibandingkan di lingkungan shared hosting. Karena jumlah klien biasanya virtualisasi berjalan pada mesin tunggal, sebuah VPS prosesor umumnya memiliki waktu terbatas, RAM, dan ruang disk. Virtual private server juga kadang-kadang bekerja sebagai honeypots, yang memungkinkan mesin untuk sengaja menjalankan software dengan kelemahan keamanan yang telah diketahui tanpa membahayakan sisa server. Beberapa honeypots dapat dengan cepat mengatur melalui VPS dengan cara ini.VPS (Virtual Private Server atau server virtual). Server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka didalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan dengan fungsi masing masing.

Virtual private server (VPS), atau disebut juga virtual dedicated server (VDS), atau virtual machine (VM) adalah sistem yang berjalan di bawah virtualisasi. Beberapa sistem pembuat virtualisasi (hypervisor) dikenal saat ini: VMWare, Xen, UML (khusus Linux), VZ/OpenVZ. Saat ini MWN menggunakan Xen, yang menyeimbangkan antara tingkat virtualisasi dan kecepatan.

VM yang berjalan di bawah virtualisasi disebut guest, sementara sistem yang menjalankan VM disebut host.

Guest bagi pemakainya akan terasa seperti sebuah mesin nyata/fisik tersendiri, memiliki harddisk, memori dedicated, dsb. Pemakainya juga dapat menjalankan OS/kernel berbeda dan memiliki akun root Unix tersendiri.

VPS/VM dapat menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan server dedicated tapi dengan biaya yang lebih murah. VPS lebih murah daripada server dedicated fisik karena sebuah server dedicated fisik dapat dibagi-bagi menjadi beberapa VM sekaligus, masing-masing berjalan sendiri/terpisah.

Contoh penggunaan VPS secara efisien dan efektif adalah sebagai berikut:

* Sebagai Layanan Web Hosting. VPS sangat tepat digunakan untuk aplikasi Web Hosting yang membutuhkan aplikasi dengan konfigurasi yang spesifik dan hanya bisa dilakukan oleh Superuser. Ini cocok digunakan untuk memulai bisnis web hosting dengan dana yang terbatas namun dengan layanan yang berkualitas. Variasi paket yang membutuhkan upgrade dapat dilakukan dengan mudah seiring dengan bertumbuhnya customer baru.
* Sebagai tempat pengujian. VPS dapat digunakan untuk melakukan serangkaian pengujian pengembangan secara efisien dengan beberapa system operasi dan alamat IP publik dengan mudah. Koneksi secara remote untuk reboot dan penggantian interface dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
* Sebagai media experimen. VPS juga dapat digunakan sebagai media experimen dengan menggunakan berbagai macam sistem operasi sekaligus, dan membandingkannya.
* Sebagai backup server. VPS dapat digunakan sebagai backup terhadap kondisi fisik dan logical yang terpisah sehingga meminimalkan kerusakan atau kehilangan data.

Comments are closed.